Tips Mengatasi Nyeri Haid dengan Cepat

Tips Mengatasi Nyeri Haid dengan Cepat

Tips Mengatasi Nyeri Haid dengan Cepat

Nyeri haid yang diatas batas wajar tentu akan sangat menganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri yang tidak wajar bahkan bisa menimbulkan efek mual, pusing dan perut yang sangat sakit harus segera diatasi dengan cara yang tepat. Bahkan banyak wanita pada saat ini yang mengalami sakit haid yang tidak tertahankan bahkan hingga menyebabkan aktivitas terhenti. Perut yang terasa nyeri pada saat tamu bulanan datang memang menjadi hal yang wajar sebab kram perut tersebut diakibatkan karena adanya otot-otot rahim berkontraksi. Kontraksi tersebut bertujuan untuk memperlancar aliran darah. Saat ini, untuk mengatasi perut yang terasa nyeri dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Namun cara mengatasi nyeri haid dengan obat pereda nyeri ini ada baiknya untuk segera dihilangkan sebab malah justru akan mengakibatkan efek yang kurang baik untuk tubuh.

Selain dengan mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri, nyeri yang tak tertahankan pada saat haid sebenarnya bisa diatasi dengan cara-cara yang sederhana. Jika sudah mulai merasakan rasa yang nyeri tak tertahankan pada bagian perut, coba saja mengkonsumsi dark chocolate. Selain rasanya yang begitu enak, dark chocolate juga mampu untuk meredakan rasa nyeri pada saat haid terasa. Dark chocolate mengandung antiokaisdan dan juga magnesium dimana akan sangat membantu untuk meredakan rasa nyeri pada perut saat haid.

Jika masih terasa nyeri, mengompres perut dengan menggunakan air hangat juga bisa menjadi cara lain untuk mengatasi rasa nyeri pada saat haid. Gunakan botol yang diisi dengan air hangat dan harus di tutup dengan rapat. Kompreskan secara perlahan pada bagian perut yang sakit secara berkala. Rasa hangat pada perut akan sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan juga peradangan pada perut sehingga rasa nyeri pun tidak akan terasa sangat menyiksa. Selain itu, untuk mengurangi rasa yang begitu menyiksa pada saat haid adalah dengan selalu cukupi kebutuhan cairan pada tubuh. Anda bisa mencukupi cairan pada tubuh pada saat haid dengan mengkonsumsi cukup air putih atau bisa juga ditambah dengan mengkonsumsi jus buah.

Untuk membuat rasa nyeri mennjadi benar-benar hilang dan anda bisa beraktivitas dengan lancar lagi adalah dengan menghindari beberapa pantangan pada saat haid. Pantangan yang pertama adalah kopi atau cafein. Pada saat haid datang, ada baiknya jika mengurangi atau bahkan jangan mengkonsumsi kopi terlebih dahulu, hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kadar estrogen yang ada pada tubuh. Dengan meningkatnya kadar estrogen ini akan membuat nyeri haid justru menjadi semakin terasa tak tertahankan lagi. Tidak hanya kopi saja, garam juga harus anda hindari pada saat haid. Mengkomsumsi garam yang berlebih pada saat haid bisa menyebabkan kembung di aera perut bagian bawah dimana akan semakin membuat haid terasa lebih nyeri dan menyiksa.