Kriteria Perusahaan Untuk Pembuatan UKL UPL

Kriteria Perusahaan Untuk Pembuatan UKL UPL

Kriteria Perusahaan Untuk Pembuatan UKL UPL

Pembuatan dokumen UKL UPL merupakan salah satu syarat wajib yang harus dilengkapi bagi satu perusahaan yang sedang akan didirikan. Peraturan pemerintah saat ini mengharuskan bagi perusahaan walaupun hanya merupakan usaha rumahan, jika sudah memberikan dampak pada lingkungan maka perusahaan tersebut diwajibkan untuk memiliki dokumen UKL UPL. Pembuatan dokumen UKL UPL bisa dibuat melalui konsultan. Berikut ini beberapa kriteria perusahaan yang harus membuat dokumen UKL UPL sebagai dokumen pelengkap dari perusahaan yang baru berdiri.

Untuk melindungi lingkungan dari dampak negative yang diakibatkan oleh suatu perusahaan, ada dua jenis dokumen yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan yaitu dokumen Amdal untuk perusahaan dengan dampak yang berskala besar sedangkan untuk dokumen UKL UPL adalah dokumen untuk perusahaan yang lebih kecil konsultan ukl upl surabaya. Ada beberapa kriteria yang menentukan apakah perusahaan tersebut menggunakan dokumen Amdal ataukan menggunakan dokumen UKL UPL. Kedua dokumen tersebut memiliki perbedaan dimana sasaran yang akan dibuat pun memiliki perbedaan.

Untuk perusahaan yang diwajibkan untuk membuat dokumen UKL UPL merupakan perusahaan yang memiliki dua kriteria yaitu kriteria usaha dan kriteria dampak. Pertama dilihat dulu kriteria yang berdasarkan kriteria usaha. Kriteria usaha yang harus membuat dokumen UKL UPL adalah usaha haruslah merupakan usaha yang akan memiliki dampak dengan lingkungan dan juga memiliki sifat ekstrasi SDA. Jika satu usaha sudah memiliii kriteria yang satu ini maka usaha tersebut wajib untuk memiliki dokumen UKL UPL. Selain itu, kriteria usaha yang kedua adalah skala usaha yang akan Anda dirikan. Usaha yang harus membuat dokumen UKL UPL merupakan usaha dengan skala menengah kebawah. Sedangkan untuk kriteria ketiga yang harus Anda perhatikan juga adalah tentang frekuensi usaha yang Anda dirikan. Frekuensi usaha yang membutuhkan dokumen UKL UPL merupakan usaha dengan frekuensi menengah kebawah atau dengan kata lain merupakan usaha yang memiliki produksi dengan skala yang masih kecil.

Selain kriteria dari usaha, pembuatan dokumen UKL UPL juga harus memperhatikan kriteria dari dampak yang akan ditimbulkan. Dokumen UKL UPL memang dibuat sebagai dokumen untuk pengelolaan dampak usaha pada lingkungan, sehingga dalam pembuatannya pun juga harus memperhatikan tentang kriteria dari dampak yang ditimbulkan oleh usaha. Kriteria dampak pertama yang harus diperhatikan adalah usaha tersebut bisa mengakibatkan perubahan kondisi fisik alam. Kriteria kedua yang harus juga diperhatikan dan menjadi kriteria dampak adalah jenis dan volume limbah yang diihasilkan dari usaha. Kriteria yang kedua tersebut harus diperhatikan dan dihitung dengan benar untuk menghasilkan cara penanggulanan yang tepat. Kriteria terakhir yang juga mempengaruhi tentang pembuatan dokumen UKL UPL adalah jenis dan karakteristik gangguan yang dihasilkan. Hal ini juga harus diperhatikan dengan benar.