Cara Mendapatkan Passive Income Dari Royalti Menerbitkan Buku

Cara Mendapatkan Passive Income Dari Royalti Menerbitkan Buku

Cara Mendapatkan Passive Income Dari Royalti Menerbitkan Buku

Passive income adalah salah satu pendapatan yang bisa didapat saat seseorang tidak sedang aktif bekerja. Seperti itu pulalah royalty dari menerbitkan buku. Royalti menjadi salah satu passive income yang bisa diterima oleh seseorang atau penulis. Meskipun tidak sedang melakukan pekerjaan, tetapi penulis tetap bisa mendapatkan royalty dari buku yang sudah terjual dengan laris manis. Ada beberapa cara untuk mendapatkan passive income dari royalty buku yang anda terbitkan.

Menulis Buku Sebaik Mungkin

Jika ingin mendapatkan royalty dan income yang bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari pastinya anda diharuskan untuk menghasilkan buku yang terbaik. Jumlah besarnya royalty yang didapat tentu sangat berpengaruh dengan seberapa banyak buku yang berhasil terjual. Semakin banyak buku yang terjual tentu semakin banyak royalty yang didapatkan cara menerbitkan buku sendiri. Untuk menghasilkan jumlah buku yang terjual menjadi banyak pastinya anda harus menciptakan buku yang bisa disukai oleh pembaca. Oleh karena itu, anda harus terus melahirkan ide-ide creative disetiap buku untuk mendapatkan penjualan yang tinggi.

Mengajukan Buku ke Penerbit

Setelah menulis buku dengan kwalitas yang terbaik maka berikutnya adalah tentu saja mengajukan buku anda ke penerbit. Ada begitu banyak penerbit yang bisa Anda pilih untuk menerbitkan buku Anda, yang perlu diingat adalah setiap penerbit bisa saja mengeluarkan presentasi royalty yang berbeda. Jika ingin mendapatkan royalty yang tinggi maka Anda bisa memilih dimanakah penerbit yahng bisa menghasilkan royalty dengan presentasi yang tinggi. Selain presentasi royalty pastikan juga apakah royalty yahng diajukan oleh penerbit adalah royalty bersih atau royalty kotor. Royalti kotor disini berarti royalty yang akan diterima oleh penulis masih harus dikurangi pajak, sedangkan untuk royalty bersih berarti pajak akan ditanggung oleh penerbit.

Penerbit pun juga tidak hanya penerbit mayor saja yang bisa digunakan sebagai jalur untuk menerbitkan buku, melainkan ada beberapa jalur penerbit lainnya yang juga bisa dipilih. Misalnya saja vanity publishing dimana jika melalui jasa penerbitan ini segala biaya produksi dan distribusi ditanggung oleh penulis. Sedangkan jenis jalus penerbitan yang kedua adalah self publishing dimana selain menggunakan modal sendiri juga harus melakukan penyetakan dan distribusi sendiri. Jika royalty dari penerbit mayor harus dipotong maka untuk vanity publishing dan self publishing mendapatkan royalty penuh.

Distribusi dan Promosi yang Tepat

Setelah melewati proses penerbitan maka selanjutnya yang harus diperhatikan untuk mendapatkan royalty yang besar dari hasil buku adalah perhatikan distribusi dan promosi. Jika Anda melalui penerbit mayor biasanya sudah akan didistribusikan ke distributor yang mereka miliki sehingga Anda tak perlu repot-repot mencari distributor untuk menjual buku Anda. Distributor dan promosi yang tepat pastinya akan membuat penjualan semakin tinggi dan royalty yang didapat pun juga akan semakin banyak.